Tag

, , ,

cendet bakalan

Cendet Muda

Cendet menjadi salah satu burung predator yang banyak digemari oleh penghobi burung. Banyak keistimewaan dari burung ini, antara lain memiliki kecerdasan yang luar biasa dan mampu bersuara indah penuh variasi jika sudah dimaster.

Sebagai burung bertipe fighter/petarung tentu akan sangat menarik jika sedang diadu dengan burung cendet lainnya, oleh karena itu saat ini banyak pagelaran lomba burung yang menghadirkan kategori jenis cendet.

Bagi anda yang tertarik ingin memelihara cendet, berikut ada tips memilih bakalan yang bagus dan cara merawatnya agar memiliki mental tempur yang oke serta yang paling penting mampu berkicau dengan gacor tiap hari.

Mimilih bahan atau bakalan

  1. Jenis kelamin jantan, pilih cendet yang berkelamin jantan. Cirinya bisa dilihat dari warna bulu yang tajam/cerah serta kontras.
  2. Pilih cendet yang bentuk paruhnya panjang, besar, tebal dan berpangkal lebar.
  3. Posisi lubang hidung sedakat mungkin dengan mata cendet.
  4. Kepala besar, pilih cendet yang memiliki kepala besar dan mata melotot. burung yang seperti ini akan memiliki mental tempur yang kuat.
  5. Bentuk postur tubuh cendet yang baik adalah serasi dengan panjang tubuh, ekor dan kakinya.
  6. Sayap burung mengepit dan kaki mencengkeram dengan kuat.
  7. Lincah/gesit serta nafsu makan tinggi, menandakan burung dalam kondisi sehat.

Perawatan Cendet Bakalan

  1. Jam 07.00, burung dikeluarkan untuk diangin-anginkan diteras rumah.
  2. Jam 07.30, burung dimandikan sampai basah kuyup kemudian beri jangkrik 4 ekor. Setelah itu burung dijemur, penjemuran cukup 1 – 3 jam yaitu antara pukul 08.00 sampai 11.00 WIB.
  3. Setelah penjemuran burung diangin-anginkan kembali selama 30 menit, kemudian jika mau dimaster burung dikerodong sampai pukul 15.00.
  4. Jam 15.00, burung diangin-anginkan kemabli diteras selama 30 menit dan kemudian burung bisa dimandikan kembali atau cukup diberi jangkrik 2 ekor.
  5. Jam 18.00, burung kembali dikerodong untuk istirahat.

Pemasteran bisa dilanjutkan kembali sekitar jam 10.00 sampai pagi.

Sumber artikel: www.suaraburungs.com

Iklan