Tag

,

Kicau Kacer

Kicau Kacer Di Hutan

Suara kicau burung apakah dapat membuat hati seseorang yang sedang mengalami kelelahan atau sedang stress menjadi tenang, perhatian atau bahkan kreativitas? Secara umum, manusia memang mendapatkan manfaat psikologis dari alam. Hijaunya dedaunan serta warna warni bunga merupakan salah satu dari bagian alam yang memberikan manfaat pada psikologi manusia.

Banyak penelitian yang telah mengungkapkan berbagai misteri efek dari alam yang dapat memberikan kekuatan baru pada otak manusia dari sisi ekologi. Namun sebagian besar penelitian hanya meneliti dari segi visual alam, seperti pohon, bunga, gunung maupun pantai. Ada studi baru penelitian yang dilakukan oleh Eleanor Ratcliffe, penelitian ini akan mengambil pendekatan berbeda, yaitu dengan menggunakan suara burung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana suara burung dapat mempengaruhi otak manusia terutama pada kesehatan mental.

Dikutip dari laman mnn.com, Peneliti dari Universitas of Surrey, Eleanor Ratcliffe mengatakan, telah banyak bukti berdasarkan pengalaman bahwa kita merespon positif terhadap kicau burung. Ratcliffe akan memulai penelitian dengan mewawancarai masyarakat untuk mengukur persepsi tentang suara alam, termasuk suara panggilan burung. Ratcliffe akan mencoba untuk mencari tahu apakah suara burung dapat meningkatkan suasana hati dan perhatian setelah manusia merasakan stress atau kelelahan.

Penelitian ini juga akan melibatkan orang-orang melalui media sosial guna menilai efek dari suara-suara burung di otak dan perilaku mereka. Selain itu, ratcliffe juga akan mempelajari lebih lanjut berbagai jenis kicau burung dalam meningkatkan kesehatan mental. Karena tidak semua burung menyanyikan lagu yang sama, jadi dia akan meneliti apakah suara burung yang menenangkan dan burung yang bersuara keras, seperti gagak berbeda pengaruh terhadap orang. Dia juga akan menguji reaksi orang melalui rekaman suara burung, misalnya rekaman suara burung pada iPod.

Penelitian ini dijadwalkan selama tiga tahun, jadi kita harus sabar menunggu hasilnya. Untuk sementara coba dengar kompilasi suara panggilan burung dalam video ini untuk menguji apakah dapat mempengaruhi diri anda sendiri:

Iklan